Senin, 27 Januari 2014

Eric Schmidt: 2014 Perangkat Mobile Semakin Populer

 
CHIP.co.id - Chairman Google, Eric Schmidt belum lama ini berbicara di Bloomberg TV untuk mengungkap beberapa prediksinya mengenai perkembangan teknologi informasi di tahun 2014 nanti. Dikatakan oleh Schmidt bahwa pada tahun 2014 setiap orang akan memiliki smartphone. Trend perangkat mobile saat ini telah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan. Kecenderungannya, tablet dan smartphone akan terus lebih unggul dibandingkan PC dalam sisi penjualan.

Selain itu, Schmidt juga mencatat bahwa big data dan mesin cerdas yang terus diciptakan akan hadir dimana-mana. Keduanya hadir sebagai basis yang signifikan untuk menjadi sebuah layanan yang baru. Kemampuan untuk melakukan pencarian sebuah data juga mengalami perubahan. Hal ini bisa terjadi dalam setiap bisnis global dimana pun. Namun, Schmidt juga mengakui akan muncul beberapa masalah yang cukup besar terkait dengan hal itu.

"Pada tahun depan, dalam bidang kedokteran yang terkait dengan industri TI adalah kemajuan dalam teknologi DNA serta kemampuan untuk memiliki catatan genetika secara pribadi akan menghasilkan penemuan untuk pengobatan kanker yang lebih efisien dan tepat." klaim Schmidt.

Salah satu prediksi dari Schmidt yang juga cukup mengejutkan adalah bahwa Google tidak akan lagi meremehkan layanan jejaring sosial. Dikatakan oleh Schmidt, kesalahan terbesar yang pernah ia buat adalah tidak mengantisipasi munculnya fenomena jejaring sosial di dunia maya. "Saya rasa, Google tidak akan mengulangi kesalahan itu lagi," ujar Schmidt.

Ketatnya persaingan industri TI saat ini juga menyebabkan banyak pengguna untuk memilih layanan atau perangkat yang dihadirkan oleh sejumlah produsen. Oleh sebab itu, Schmidt tidak bisa memperkirakan produk Google yang akan mendominasi di tahun 2014 nanti.

Pada akhir tahun 2011 Schmidt pernah meramalkan bahwa pada tahun 2012 sebagian besar televisi yang dijual di toko-toko akan tertanam kemampuan Google TV di dalam perangkat tersebut. Faktanya, hal itu tidak terjadi. Namun, Google menegaskan bahwa era komputasi saat ini bisa dimanfaatkan untuk kemajuan teknologi robot untuk masa depan.

2 komentar: