Senin, 27 Januari 2014

Google: Prediksi dan Fenomena Teknologi Informasi 2014

Berakhirnya tahun 2013, memasuki tahun baru. Perkembangan teknologi informasi (TI) juga diprediksi akan terus berkembang dan beberapa tetap mengalami peralihan.

Chairman Google, Eric Schmidt beberapa waktu lalu juga memaparkan hal tersebut sebagai bentuk roadmap yang akan ditempuh Google selama tahun ini serta tren teknologi yang masih begitu diminati oleh pengguna, salah satunya yang tidak akan berubah menurut Schmidt adalah mendominasinya telepon pintar (smartphone) dan tablet.

Selain itu, Schmit yang juga seorang ahli perancang perangkat lunak ini menyebutkan setiap orang di dunia nantinya akan mengantongi sejumlah ponsel. Tren ponsel ini akan raja dalam penjualan alat komunikasi, hal ini akan terus berlangsung jika belum ada perangkat bergerak (mobile) jenis lain yang lebih pintar dan lebih fungsional.

Sementara itu pertumbuhan data besar yang akan terus meningkat juga menjadi hal yang tak bisa dihindari. Hal ini terjadi karena semakin banyak data dari mulai teks, gambar/grafik, foto, video dan data lainnya tersimpan di internet. Peningkatan kecerdasan komputer maupun alat elektronik lain diprediksi juga akan lebih pesat, dan semakin menunjang kehidupan manusia."Penggunaan big data juga akan makin banyak," ucapnya lagi.


Big data bisa diartikan sebagai pertumbuhan data yang berlipat ganda melampaui batas kemampuan media penyimpanan maupun sistem basisdata (database) yang ada sekarang. "Mesin cerdas tersebut akan membantu manusia untuk melacak manusia lain, berdiskusi sekaligus memutuskan sesuatu dengannya. Bahkan akan mengubah cara kita berbisnis secara global," tambah Eric.

Kemampuan untuk melakukan pencarian sebuah data juga mengalami perubahan. Hal ini bisa terjadi dalam setiap bisnis global dimana pun. Namun, Schmidt juga mengakui akan muncul beberapa masalah yang cukup besar terkait dengan hal itu.

"Pada tahun depan, dalam bidang kedokteran yang terkait dengan industri TI adalah kemajuan dalam teknologi DNA serta kemampuan untuk memiliki catatan genetika secara pribadi akan menghasilkan penemuan untuk pengobatan kanker yang lebih efisien dan tepat." klaim Schmidt dalam wawancara dengan Bloomberg TV.

Schmidt juga mengungkapkan, bahwa perusahaannya sendiri juga tidak bisa menjanjikan apakah sejumlah produk yang akan dikeluarkan nanti bisa mendominasi di tahun 2014 ini. Ketatnya persaingan industri TI saat ini juga menyebabkan banyak pengguna untuk memilih layanan atau perangkat yang dihadirkan oleh sejumlah produsen.[]

Zanuar , terima kasih ya..

0 komentar:

Posting Komentar